Efek Badai Matahari 2012

Pada tanggal 23 Januari Pukul 10.59 WIB telah terjadi ledakan Flare Badai Matahari pertama di tahun 2012 yang tergolong cukup kuat dan telah mencapai bumi pada hari selasa 24 januari waktu malam indonesia.

Efek Badai Matahari 2012 ini tergolong cukup kuat dan berpotensi menggangu sinyal satelit,seperti komunikasi satelit,telepon sellular,komunikasi data perbankan,siaran televisi dan pengguna lainnya. keterangan dari Informasi Kedirgantaraan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Prof Dr Thomas Djaludin di Jakarta hari rabu lalu.


Dampak lain dari partikel Energetik dari badai matahari ini adalah gangguan pada ionosfer yang akan menggangu komunikasi radio HF/gelombang pendek yang biasanya digunakan oleh komunikasi jarak jauh,termasuk radio luar negeri.bahkan menggangu navigasi berbasis satelit seperti GPS akan terganggu akurasi prekuensi nya.


Ledakan Badai Matahari ini bisa digolongkan kelas menengah,tetapi karena mendekati tingkat ektrem (kelas X),maka dampaknya akan cukup kuat kalau mengarah ke bumi.seperti dikatakan LAPAN.kemungkinan akan ada potensi badai yang lebih kuat lagi dalam tahun ini dikarenakan saat ini memang sedang pada fase matahari aktif.ucapnya

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar