Antara Rokok Dan Ganja

Antara Rokok Dan Ganja - Dibandingkan dengan rokok, ganja dinilai ilegal dan berbahaya. Padahal kalau ditelisik, rokok juga punya risiko bahaya yang tidak kalah besarnya. Harus ada perbandingan penelitian yang tuntas terhadap ganja agar jelas manfaat dan kerugiannya.

"Rokok bisa menyebabkan kanker, tapi kok nggak dilarang. Kalau namanya berbahaya, rokok juga berbahaya. Penghisap ganja ditangkap, penghisap rokok nggak," kata pakar hidup sehat dr Phaidon L Toruan MM saat dihubungi detikcom, Kamis (5/5/2011).

foto rokok dan ganja


Phaidon mengatakan, setiap tumbuhan dedaunan tentu punya manfaat seperti antioksidan, asam amino dan sebagainya. Begitu juga dengan ganja. Namun, tidak ada tim dokter yang melakukan penelitian karena penggunaan ganja sudah langsung dilarang dalam UU.

Antara Rokok Dan ganja"Ya kalau mau diteliti, terus bagaimana untuk mendapatkan ganja itu? Nanti kalau sudah ada ganjanya, ditangkap dikira pengedar. Selama ini yang saya dengar katanya ganja bisa buat bahan bakar dan lainnya. Tapi itu katanya. Belum ada penelitian yang resmi dan ilmiah mengenai itu," kata dia.

Phaidon pun meminta agar Kemenkes bisa menunjuk tim dokter untuk meneliti kerugian dan keuntungan dari ganja. "Kalau polisi meneliti ilmiahnya kan nggak bisa. Seharusnya diberi kesempatan tim dokter baik UI, Unpad atau IPB yang jago meneliti untuk melihat kerugian dan manfaatnya," pintanya.

Menurut Phaidon, jika memang ada suatu kelompok yang meminta untuk melegalkan ganja seharusnya punya data yang akurat kenapa ganja itu perlu dilegalkan. "Jangan gerasah-gerusuh. Harus punya data akurat juga," imbaunya.

Sebelumnya komunitas 'Lingkar Ganja Nusantara' akan melakukan aksi unjuk rasa pada Sabtu (7/5) mendatang di Silang Monas. Komunitas ini menginginkan adanya arah gerak dan strategi untuk memulihkan citra dan posisi tanaman ganja.sekian sekilas perbandingan antara rokok dan ganja

{ 0 komentar... read them below or add one }

Poskan Komentar